Fenomena Salah Jurusan Yang Terjadi Pada Mahasiswa Indonesia

Salah Jurusan

Jika ingin kuliah namun takut salah jurusan kuliah maka tenang saja, kamu tidak sendirian kok sebab menurut penelitian yang dilakukan oleh ICCN atau Indonesian Careier Center Network. Sekitar 87% mahasiswa Indonesia salah jurusan dan mengapa hal ini bisa terjadi?

Fenomena Yang Biasa

Senarnya salah jurusan memang hal yang cukup banyak dijumpai dikalangan mahasiswa Indonesia, banyak dari mahasiswa yang memilih jurusan bukan berdasarkan minat atau bakat yang dimiliki. Melainkan karena beberapa keputusan yang kurang tepat dalam memilih jurusan. Ada keputusan kuliah salah jurusan sepihak oleh orang tua calon mahasiswa dan tren pekerjaan yang dianggap menjanjikan.

Baca Juga : Kambing Hitam Dalam PDNS 2 Yang Mungkin Hanya Akal-akalan Saja

Inilah biasanya yang sering terjadi mengapa banyak dari mahasiswa di Indonesia merasa salah jurusan. Anak-anak lulusan SMA yang masih bingung mencari kuliah, akhir mereka banyak menambil keputusan cepat yang mungkin tidak sesuai solusi salah jurusan kuliah dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Resiko Salah Jurusan

Ketika banyak orang tua yang mengarahkan anak cara memilih jurusan kuliah agar tidak salah pilih mereka untuk memilih jurusan yang dianggap memiliki prospek kerja yang baik tanpa mempertimbangkan minat atau kemampuan anak tersebut. Yang akhirnya anak tersebut bukannya lulus dan kerja dengan gaji yang sesuai tetapi malah menjadi susah lulus gara-gara tidak dapat mengikuti sistem pembelajaran di kuliahnya.

Kurangnya pemahaman diri atau tidak mengenal minat dan bakat diri sendiri dengan baik, sehingga sulit bagi mereka untuk menentukan jurusan yang sesuai. Serta kurangnya informasi mengenai jurusan dan prospek karir. Bagi yang benar-benar cara mengatasi salah jurusan kuliah ingin kuliah maka jangan sampai salah mendapatkan informasi dari jurusan yang akan kalian pilih.

Dan mungkin ada dari beberapa atau bahkan dari banyak mahasiswa yang tidak tahu sebenarnya kuliah itu untuk apa. Hal ini memang terdengar konyol tetapi ini benar terjadi. Mereka tidak memiliki tujuan yang jelas mengapa mereka harus kuliah. Oleh karena ketika kuliah salah jurusan itu selain uang kita juga harus mempersiapkan goals atau tujuan berkuliah itu sendiri agar uang, waktu dan tenaga yang dikeluarkan tidak berakhir sia-sia.

Dampak Salah Jurusan

Jika mengalami salah jurusan bukan hanya membuat solusi salah pilih jurusan kuliah mahasiswa malas untuk kuliah tetapi juga bisa berujung pada keputusan untuk berhenti karena merasa tidak kuat untuk melanjutkan. Kemungkinan yang paling buruk adalah menjadi sulit untuk mendapatkan pekerjaan akhirnya yang berawal dari salah ambil keputusan untuk mengambil jurusan malah menyebar ke kualitas di masa depan.

Solusi Agar Terhindar

Apa yang harus dilakukan ketika ingin berkuliah berhenti kuliah karena salah jurusan adalah menentukan alasan mengapa harus kuliah, apa karena gengsi, mengisi waktu luang atau bahkan karena di paksa oleh orang tua. Maka perlu untuk mencari alasan-alasan yang jelas mengapa akhirnya memutuskan untuk kuliah. Disaat jenuh dengan kuliah maka kamu dapat ingat kembali alasan mengapa akhrinya memutuskan untuk kuliah.

Baca Juga : Beberapa Hal Yang Menyebabkan Naik Turunnya Harga Mata Uang Crypto

Tentukan ingin berkuliah dimana dan jurusan apa yang ingin diambil. Dengan dampak salah memilih jurusan kuliah mencari tahu sebenarnya bidang yang disuka dan apa yang dikuasai, dan tentukan ingin berkuliah diuniversitas mana. Untuk pilihan kampus sendiri memiliki banyak sekali pilihan seperti kampus Negeri/Swasta, Wilayah dimana dan juga biayanya.